Terbaru

Rabu, 06 Maret 2019

Finalis Lomba Karya Ilmiah Bahas Bedanya Pipis Anak IPA dan IPS

Indonesia Fun Science Awards yang merupakan kompetisi penelitian ilmiah pertama di Indonesia dengan tema penelitian lucu dan unik telah melahirkan beberapa karya pelajar, diantaranya masuk sebagai finalis adalah karya yang berjudul "Kajian Urine Siswa IPA dan IPS Siswa di SMAN 1 Purworejo" gagasan Akhmad Nur Muzakki (16) dengan Mastri Immamusadin (17).

Anak SMA pipis
Ilustrasi anak SMA pipis, sumber foto : forum.detik.com
Keduanya berhak menjadi peserta babak final yang diselenggarakan di Tangerang 9 Maret 2019. Dikutip dari health.detik.com pada Kamis 07/03), keduanya memilih judul tersebut karena dianggap lucu dan unik, meski demikian, keduanya benar - benar melakukan kajian dan penelitian mendalam.

"Biar ga terlalu serius, setelah berembung kebetulan dapet judulnya itu, akhirnya kami bikin karya ilmiah dan bentuk soft filenya kami kirim melalui email," tulis health.detik.com.

Kompetisi yang digelar oleh Swiss German University ini diikuti oleh pelajar SMA dan sederajat seluruh Indonesia, sedikitnya terdapat 123 karya tulis dari 21 Provinsi telah masuk ke panitia sejak 1 Desember 2018 hingga 31 Januari 2019.

"Ketersebaran asal karya tulis ini diluar dugaan dan menandakan luasnya minat meneliti dikalangan anak muda. Secara khusus panitia menyampaikan apresiasi yang tinggi dan terima kasih yang mendalam atas partisipasi peserta," tulis panitia penyelenggara dalam laman resminya di sgu.ac.id/ifsa

Indonesia Fun Science Awards

Menurut Nur Ahmad Muzakki, penelitian digelar selama 2 hari dengan mengambil sampel urin dari sedikitnya 10 siswa jurusan IPA dan IPS, melalui observasi terdapat perbedaan dari hasil urin kedua jurusan tersebut.

"Kadar Ph urine dan glukosa siswa IPA lebih tinggi, karena pelajaran lebih rumit," ungkap Ahmad.

Mastri Immamusadin menambahkan, salah satu persepsi menganggap bahwa siswa IPA lebih rentan terkena stres atau tekanan dari siswa IPS, sebab siswa IPA memiliki mata pelajaran yang terkesan rumit.