Terbaru

Selasa, 28 Mei 2019

Awal Mula Balong Gede dan Berdirinya Munjul Pesantren

Pondok Pesantren Nurul Huda Munjul Cirebon memiliki banyak potensi sejarah yang belum sepenuhnya diketahui, diantaranya keberadaan Balong Gede, kegiatan kepesantrenan, tahun berdirinya serta profil pendiri pesantren.

sedot wc
Balong Gede Munjul Pesantre, sumber foto : facebook.com/agussalim.ab.7
Menurut salah satu dzurriyat pendiri pesantren, Kyiai Amin Khazim, Pesantren tersebut didirikan oleh Mbah Abdullah Lebu yang juga memiliki nama lain Lubil Mashun. Menurut cerita Mbah Abdullah Lebu mesantren di Curug, Kanggraksan Kota Cirebon di bawah bimbingan Mbah Mukallim, Mbah Mukallim  merupakan menantu dari Mbah Musa Maharesi Siddiq Wanantara.

"Mbah Abdullah Lebu diambil mantu sama gurunya (Mbah Mukalim), lalu buat pesantren di Kalijaga, suatu hari pesantrennya kebakaran (dalam kisah lain dibakar oleh penjajah)," ungkap Kyai Amin dalam video yang diunggah di Youtube oleh akun JAS Kita pada 14 Maret 2019 dengan judul Mbah Abdullah Lebu Munjul Pesantren Cirebon, Jalan - jalan ke Kota Wali .

sedot wc
Gapura Makam Mbah Abdullah Munjul, sumber foto : facebook.com/agussalim.ab.7
Kyai Amin melanjutkan, mertua Mbah Abdullah lalu memberi saran untuk mencari tempat yang pantas buat pesantren, akhirnya Mbah Abdullah tiba di daerah munjul (saat itu masih hutan belantara) dan sifat tanahnya bagus, akhirnya tanah dilokasi tersebut di tusuk menggunakan bambu, keluarlah mata air yang cukup besar. 

"(Mata air ini) ini terlalu besar, lebih baik dibatasi saja demi kebaikan, ditutup lah mata air tersebut dengan batu, sebelumnya airnya deres, sampai membanjiri area sawah (pertanian), itulah mata air Balong Gede, jadi kurang lebih tahun 1789 M Mbah Abdullah buka pesantren disini," tutup Kyai Amin

Berikut Video lengkapnya :