Terbaru

Jumat, 24 Mei 2019

Didaerah Ini, Memek Dijual Seharga Lima Ribuan

Terdengar vulgar dan jorok, eits tunggu dulu, memek yang ini terbuat dari campuran beras ketan dan pisang. Bentuknya sekilas mirip bubur dengan aroma gurih sangit dari beras sangrai begitu menusuk. Sebelum dibuat, beras ketan terlebih dahulu di sangrai, untuk buah pisang diperbolehkan campuran pisang sesuai dengan selera.

sedot wc

Lalu garam, gula serta santan yang tidak begitu kental namun juga tidak begitu encer. Memek adalah sejenis jajanan khas Kabupaten Simeulue, Aceh. Meski namanya terkesan jorok dalan ejaan bahasa, nama memek dilarang diganti.

"Ini makanan khas Simeulue, warisan leluhur." ungkap Almawati, seorang pemilik stand kuliner pada Festival Kuliner Pekan Kebudayaan Aceh ke-7.

Hidangan Saat Berbuka Puasa


Sebagaimana dikutip dari medanbisnisdaily.com pada Sabtu (11/08). Banyak pengunjung membeli memek yang dihargai Rp 5000 rupiah tersebut. Bahkan sampai ada yang dibawa ke jakarta. 

sedot wc
Memek, jajanan khas Kab Simeuleu, Aceh
Memek berarti mengunyah - ngunyah atau menggigit dalam bahasa daerah asalnya, dari istilah mamemek, memek juga biasa dihidangkan saat bulan Ramadhan dan sulit dijumpai saat hari - hari biasa.