Terbaru

Sabtu, 25 Mei 2019

Kontol Kejepit, Kuliner Khas Bantul yang Mulai Punah

Setelah Aceh dengan jajanan bernama Memek, sebagaimana dimuat dalam artikel berjudul : Didaerah ini, Memek dijual Seharga Lima Ribuan, taukah anda, Jogjakarta miliki segudang kuliner dengan sensasi dan citarasa mumpuni dan juga memiliki nama yang terkesan jorok, adalah Tolpit, singkatan dari Kontol Kejepit atau memiliki nama lain adrem tersebut terbuat dari tepung beras, kelapa parut dan gula merah.

sedot wc
Tolpit, sumber foto : Wikipedia
Kini, makanan khas dari Kabupaten Bantul Provinsi Jogjakarta tersebut sudah sulit ditemukan. Anda hanya dapat menjumpai makanan yang berbentuk seperti bagian alat kelamin pria ini dipasar Sanden, Bantul. 

Dari ketiga bahan campuran diatas, Tolpit dibuat dengan cara tepung beras dan kelapa parut lalu dicampurkan dengan gula merah yang sudah dilelehkan. Lalu ditumbuk kemudian dicetak bulat seperti bakso diatas daun pisang, kemudian digoreng.

Bentuknya yang unik tersebut, diperoleh saat proses penggorengan yang dijepit dengan bilah bambu. Dirangkung dari berbagai sumber Tolpit juga diartikan dengan "Mana Tahan" sebuah ungkapan yang muncul dari nikmatnya alat kelamin kaum adam terjepit.