Terbaru

Minggu, 01 Desember 2019

Meriahnya Kegiatan Maulid Nabi di Desa Ini Hingga Ada Barongsai

Maulid Nabi atau biasa orang jawa dikenal "muludan" merupakan hari untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW dan sudah menjadi tradisi umum untuk umat muslim di berbagai negara membuat kegiatan itu.

Ibu-ibu yang hadir dalam kegiatan maulid nabi

Tak terkecuali di Mushola Angkawijaya dari anggota Majlis Ta'lim An-Nihayah, yang berlokasi di RT 03 RW 06, Desa Cipeujeuh Kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, turut membuat kegiatan itu yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, seperti dituturkan oleh Drs Moh. Masnun selaku warga disana yang menggagas acara tersebut.

"Kegiatan maulid nabi sudah biasa dilakukan dari tahun ke tahun untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, kegiatannya diisi dengan berbagai hal seperti baca barzanji, solawatan dan sunatan massal yang terdiri dari 13 orang anak-anak, dengan dibantu oleh puskesmas Lemahabang, Cirebon. Tahun kemarin ada pentas khatmil qur'an anak-anak DTA (Diniyah Takmilliyah Awaliyah)," ujar Masnun.

Ia juga menjelaskan anak-anak yang akan di sunat sebelumnya di iringi keliling desa Cipeujeuh Kulon menggunakan becak dan di tambah ada hiburan drum band dan barongsai untuk menghibur warga sekitar agar lebih ramai.

Kegiatan drum band dan barongsai untuk menghibur warga sekitar

H. Lili Mashuri selaku Kepala Desa disana yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa kedepannya ia akan dukung kegiatan seperti ini.

"Insya Allah di tahun depan pemerintah desa akan support kegiatan-kegiatan ini dengan memberikan dukungan sepenuhnya dengan fasilitas tenda, pembinaan kegiatan dan perhatian majlis ta'lim" ujar Lili.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Fakultas Kedokteran Unswagati Cirebon, yang diwakili oleh Dr. Gara.Phd ia menjelaskan "Fakultas Kedokteran siap membantu dalam bidang kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat dan pola hidup sehat," ujarnya.