Terbaru

Selasa, 10 Maret 2020

Terbongkar Sudah, Aplikasi VPN yang Mengumpulkan Data Pribadi Penggunanya

VPN sekarang ini sudah banyak digunakan oleh orang pengguna internet, yang paling sering biasanya, menggunakan dengan bantuan aplikasi karena lebih simpel, tetapi ada aplikasi VPN yang dibuat untuk mengumpulkan data pribadi penggunanya.

Ilustrasi aplikasi VPN sumber : news.softpedia.com

Dibuat oleh Sensor Tower, bukan hanya aplikasi VPN yang terduga melakukan aksi curang tersebut, tetapi aplikasi pemblokir iklan juga diduga melakukan hal yang sama, aplikasi itu adalah Free and Unlimited VPN, Luna VPN, Mobile Data dan Adblock Focus.

Untuk aplikasi Adblock Focus dan Luna VPN hanya tersedia di App Store Apple, Sensor Tower sendiri membantah dugaan hal itu, Head of mobile insights, Randy Nelson mengatakan, perusahaan tidak mengumpulkan data sensitif dan informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi.

"Kami mematuhi pedoman toko aplikasi dengan sangat serius dan melakukan upaya bersama untuk mematuhinya, bersama dengan setiap perubahan pada aturan ini yang terjadi dari waktu ke waktu," ujarnya.

"Aplikasi kami tidak melacak, meminta, atau menyimpan data pengguna yang sensitif seperti kata sandi, nama pengguna dll. Dari pengguna atau aplikasi lain pada perangkat pengguna, termasuk browser web," tambahnya.

Dilansir dari CNN Indonesia yang didapat dari BuzzFeed News, Apple menghapus Adblock Focus sementara Google selaku pemilik Play Store menghapus Mobile Data, Apple juga menyebut pihaknya sedang menyelidiki Luna VPN. Apple dan Google terus menyelidiki kasus pengumupulan data ilegal ini.

Juru bicara Apple mengkonfirmasi, kalau mereka sebelumnya sudah sempat menghapus puluhan aplikasi dari Sensor Tower di App Store, karena aplikasinya melanggar peraturan yang ditetapkan oleh toko aplikasi tersebut, seperti dilansir dari macrumors.com