Terbaru

Rabu, 15 April 2020

Berwisata Ekstrem Yaitu Menyelam ke Dasar Laut Paling Dalam di Dunia "Palung Mariana"

Banyak orang yang menjelajah untuk naik ke atas puncak gunung tertinggi di dunia yaitu gunung everest.
Palung Mariana sumber : candlepozt.com
Tetapi tidak dengan dasar laut paling dalam di dunia yaitu palung mariana dengan kedalaman hampir 11 kilometer di samudra pasifik dekat dengan Jepang dan Filiphina, bahkan saking dalamnya hanya beberapa orang saja yang berani masuk ke dasar palung mariana.
Lokasi palung mariana di google maps
Rekor manusia dengan penyelaman terdalam ke dasar laut itu adalah Victor Vescovo melakukan penyelaman solo pertamanya ke dalam palung pada April 2019 dan berhasil mengalahkan rekor dunia dengan menyelam hingga 10.928 meter.
Lalu pada Mei di tahun yang sama, ia kembali menyelam dan menjadi orang pertama yang pernah mengunjungi Challenger Deep dua kali.
Vescovo akan kembali ke Challenger Deep pada Mei 2020 dengan penumpang sipil di kapal pensiunan Angkatan Laut yang telah dirancang ulang untuk penelitian ilmiah.
Perjalanan akan memakan waktu delapan hari, termasuk tiga kali menyelam ke Challenger Deep di mana per orang harus membayar 750 ribu dolar AS atau sekitar Rp 12,3 miliar. Sejauh ini sudah ada dua grup yang akan melakukan perjalanan pada Mei.
Tidak ada syarat khusus untuk bergabung, namun para penumpang harus memiliki berat badan di bawah 100 kilogram agar dapat masuk ke dalam lubang kapal selam yang sempit.
Meskipun tekanan sangat besar di dalam palung, tetapi atmosfer di dalam kapal akan tetap konstan sepanjang penyelaman sehingga tidak ada dekompresi atau tekanan fisik lainnya pada tubuh.
"Sensasi yang bisa didapatkan dari pengalaman ini adalah betapa sunyi dan tenangnya saat saya bergerak semakin dalam, dan lebih dalam lagi. Tidak ada yang berubah dalam kapsul selam kecuali pengukur kedalaman digital yang menunjukkan angka kedalaman," ucap Vescovo, seperti dikutip dari IFL Science.
Jika beruntung, para penumpang dapat melihat teripang dan amphipod (hewan sejenis udang dengan bentuk transparan yang berada di dasar laut palung mariana).
Amphipod di dasar laut palung mariana sumber : bbc.com
Waktu terlama yang pernah dihabiskan Vescovo di bagian bawah Challenger Deep sekitar lebih dari 4 jam. Ia membutuhkan 4 jam untuk turun ke dalam palung dan 4 jam untuk kembali ke permukaan.
Tetapi menurut Vescovo, dengan peningkatan daya pada kapal selam, ia dan penumpang dapat menyelam lebih lama. Diprediksi waktu lama penyelaman bisa mencapai hingga 14 atau bahkan 16 jam, dengan 6 hingga 8 jam berada di bagian bawah.
Sumber : suara.com