Terbaru

Selasa, 14 April 2020

Teori Baru Muncul di Galaksi, Bintang Raksasa Meledak Dengan Dahsyat

Keberadaan di galaksi sangatlah misterius karena sedikit orang yang bisa sampai kesana, belum lagi mengenai sejarah apa yang terjadi di masa lalu di atas bumi ini masih perlu dilakukan banyak penelitian.

Ilustrasi sumber : space.com

Baru-baru ini muncul teori baru
 yaitu bintang raksasa yang dikenal sebagai SN2016aps meledak di galaksi. Ledakan ini terjadi sekitar 3,6 miliar tahun cahaya dari Bumi.


SN2016aps merupakan supernova paling terang yang pernah ada. Penulis studi Matt Nicholl mengatakan manusia bisa mengukur supernova menggunakan dua skala, yaitu total energi ledakan dan jumlah energi yang dipancarkan sebagai cahaya yang dapat diamati atau radiasi.

“Dalam supernova yang khas, radiasi kurang satu persen dari total energi,” kata Nicholl melalui sebuah pernyataan, seperti yang dilansir dari Space, Selasa (14/4).

“Tetapi dalam SN2016aps, kami menemukan radiasi lima kali energi ledakan dari supernova berukuran normal. Ini adalah cahaya yang paling banyak dipancarkan oleh supernova,” ujarnya menambahkan.

SN2016aps sangat aneh dan ekstrim sehingga Nicholl dan rekan-rekannya berpikir benda langit tersebut mungkin supernova pulsational pair-instability. Yaitu, dua bintang besar bergabung sebelum seluruh sistem mengalami ledakan.

Peristiwa itu dihipotesiskan, tetapi para astronom tidak pernah mengonfirmasi keberadaan mereka secara pengamatan.

Sumber : republika.co.id