Terbaru

Rabu, 20 Mei 2020

Cara Mengunci File File di Laptop 100% Berhasil Tanpa Aplikasi dan Skrip Bat

Terkadang kita mempunyai file yang disimpan di laptop, jika di pinjam ke orang lain, tidak ingin filenya di lihat oleh si peminjam, banyak aplikasi agar filenya tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Tidak hanya itu saja, ada juga sebuah skrip BAT yang dikhususkan untuk mengunci folder, dimana sudah tersebar banyak di internet.

Maka dari itu, saya akan berbagi cara agar file atau folder kalian dikunci tetapi tidak dengan menggunakan aplikasi maupun kode, yaitu dengan cara memakai fitur bawaan yang ada di sistem operasi windows (windows security).

Langkah pertama yang dilakukan adalah klik kanan folder yang di tuju, lalu klik properties, kemudian klik ke bagian security dan pilih nama laptop kalian lalu klik edit.


Maka tampilannya akan seperti ini.



Jika sudah seperti itu, maka arahkan kursor ke nama laptop kalian klik ceklis di Deny sampai ke Write, atau klik 2x full control di Deny maka otomatis sampai ke "Write" dan klik Apply.





Hasilnya folder ketika kita klik atau tekan tombol enter, tidak bisa dibuka dengan tampilan yang seperti ini


Untuk membukanya kembali, klik Continue, maka tampilan seperti ini


Lalu klik security tab, lalu akan diarahkan ke bagian security, setelah itu klik advanced dibawahnya maka akan muncul jendela baru seperti gambar dibagian kiri


Lalu klik continue di gambar bagian kiri, tampilannya akan seperti ini


Tinggal cara terakhir yaitu kebalikan dari cara membukanya arahkan kursor ke Deny dan nama laptop kalian dibawahnya klik edit, hapus semua centang full control sampai ke write, lalu klik ok.


Dengan begitu folder kalian yang sebelumnya dikunci sudah bisa dibuka kembali, cara di atas bisa dilakukan oleh siapa saja dengan sistem operasi Windows 7-10, (kalau xp sampai ke bawahnya saya tidak tahu karena belum pernah coba) dan bisa saja dengan kalian memakai cara itu untuk mengunci folder, si peminjamnya tahu cara itu maka ya bisa kebuka privasi kalian.

Jadi jika laptop kalian di pinjam pastikan si peminjamnya itu gaptek atau tidak terlalu paham dengan teknologi, agar masuk ke folder yang di kunci seperti itu, mereka tidak mengerti untuk membukanya.

Tetapi, jika si peminjam tidak gaptek dan privasi kalian tidak ingin dibuka, saya sarankan memakai pihak ketiga atau dengan aplikasi yang bisa mengunci folder dengan kata sandi.