Terbaru

Jumat, 22 Mei 2020

Convert Video Ukuran Menjadi Lebih Kecil Atau Codec x265 Dengan VLC Media Player

x265 video codec generasi penerus dari x264. High Efficiency Video Coding (HEVC) atau dikenal dengan HEVC. x265 adalah standar video kompresi baru yang di dikembangkan untuk membuat video lebih baik dan efisien dari generasi sebelumnya (x264).

Dimana x265 akan menekan ukuran file lebih kecil tanpa banyak mengurangi kualitas video, x265 diluncurkan pertama kali pada tahun 2013 dan hingga kini tidak semua media player bisa memutar codec tersebut.

Karena itu berhati-hatilah jika ingin berbagi video x265 pastikan si penerima mempunyai media player yang bisa memutar video tersebut, untuk media player di ponsel MX Player merupakan yang termasuk bagus untuk memutar video x265.

VLC media player yang bisa digunakan di PC dan ponsel juga sama hebatnya dengan MX Player bisa memutar video x265, tetapi pada VLC untuk PC selain itu juga bisa digunakan untuk encoding video menjadi x265

Sebenarnya banyak software encoding handal yang bisa mengubah video menjadi codex x265 dengan kualitas baik, tetapi disini saya akan membagi tips mengubah menjadi x265 dengan software media player yang terkenal yaitu VLC media player, karena mendukung video dengan berbagai macam format dan dilengkapi dengan fitur lainnya.

Salah satu fiturnya adalah bisa meng convert video menjadi x265 dan kualitas video lainnya, mengenai caranya simak di bawah ini.

Pertama buka aplikasi di PC atau laptop kalian lalu klik media, lanjut ke convert/save atau klik CTRL+R.



Maka tampilannya akan seperti ini.



Jika sudah seperti itu, kalian klik add atau pilih video yang ingin di convert, lalu klik di bawahnya convert/save dan kalian juga bisa menambahkan subtitle dengan klik centang "Use a subtitle file" dan cari file subtitlenya.



Terakhir di Profile, pilih codex H.265 + MP3 (MP4) dan pilih lokasi penyimpanan hasil convertya di "Destination file", lalu klik start.



Cepat atau lamanya menunggu hasil convert, tergantung ukuran videonya. Perlu diketahui jika video kalian berupa softsub, dengan encode menggunakan VLC, maka hasil convertnya tidak disertakan dengan subtitle.

Untuk mengatasi itu, jika kalian convert video softsub maka sebelumnya kalian harus pisahkan terlebih dahulu video dan subnya dengan bantuan software aegisub, jika sudah tinggal tambahkan video dan subtitlenya di VLC untuk di convert ke x265.

Pastikan juga spek PC atau laptop kalian mumpuni agar penggunaan cpu saat proses convert tidak terlalu tinggi.

Dan perlu diketahui salah satu kekurangan jika menggunakan x265 untuk menonton video adalah lebih memakan konsumsi cpu jika dibandingkan dengan x264 (AVC).

Karena itu jangan terlalu sering kalian menonton video dengan codec x265 jika ponsel, pc atau laptop kalian speknya masih rendah.