Terbaru

Jumat, 08 Mei 2020

Download Materi Digitalisasi UMKM, Strategi Branding dan Marketing

Tahun 2020, merupakan puncak dari kejenuhan pelaku UMKM terhadap banyaknya platform digitalisasi bagi pelaku usaha. Paling tidak, itu menurut pandangan pribadi penulis. Boleh dihitung, ada berapa jumlah marketplace, yang saling berlomba - lomba mendapatkan user, baik sisi penjual maupun pembeli. 


Belum lagi dengan hampir semua platform digital yang awalnya tidak fokus pada jual beli produk, kini melebarkan sayapnya melalu pengembangan fitur, sebut saja facebook hingga aplikasi gojek. Digitalisasi UMKM tak terhindarkan, ibarat mata pisau, keamanan data dan dampingan pemanfaatan bagi UMKM harus berbanding lurus dengan peran pengembang aplikasi yang meraup banyak keuntungan.

Materi Digitalisasi UMKM, Strategi Branding dan Marketing sedikit mengulas tentang berbagai platform digital bagi pelaku usaha, tidak begitu mendalam, sebab terlalu banyak variable teknis yang harus memakan waktu untuk pembinaan. Namun, paling tidak dapat sedikit mencerahkan bagi siapapun yang tertarik mengembangkan bisnisnya ke dunia digital, meskipun kita tau, biasanya pelaku UMKM sudah dihabiskan waktunya untuk produksi barang, teknolgi menjadi hal sulit bagi mereka untuk menyentuhnya.

Selengkapnya, silahkan unduh materi ppt dibawah ini, gratis :

download