Terbaru

Minggu, 24 Mei 2020

Ketika Website Pertama di Dunia Muncul Apakah Heboh? dan Beginilah Tampilannya

Website sudah sejak lama dan hingga sekarang selalu menjadi peranan penting dalam menyampaikan dan memberikan informasi, keberadaannya dari hidup manusia tidak bisa terpisahkan, tetapi tahukah anda pembuatan website pertama di dunia, bagaimana bisa terbuat dan apakah heboh saat itu dunia ketika sudah muncul?

Awal munculnya internet bermula dari seorang ahli komputer dari Inggris bernama Sir Tim Berners-Lee, ia menghadirkan ide itu saat bekerja di sebuah laboratorium fisika Swiss pada 1989, lalu Pada 20 Desember 1990, Tim meluncurkan sebuah situs melalui komputer NeXT miliknya di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir CERN (Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire).

6 Agustus 1991, Tim mengumumkan proyek tersebut hanya dalam sebuah grup Usenet tidak ada perayaan khusus, Usenet sendiri adalah sebuah protokol komunikasi antar komputer yang terhubung melalui jaringan. Usenet disebut juga sebagai nenek moyang forum internet dan sudah ada sebelum internet atau world wide web dimana rilis pada 1980.

Tangkapan layar tampilan website pertama di dunia sumber : klik disini

Akhirnya pada 23 Agustus 1991 para pengguna baru mengunjungi situs itu. Namun, peluncuran itu secara efektif menandai dimulainya web sebagai alat yang tersedia secara luas.

Perubahan ini tak terjadi dalam waktu singkat, pemakaian situs sebagai sebuah alat bertukar informasi mulai ramai sekitar dua tahun setelah peluncuran perdananya pada 1993. Saat itu National Center for Supercomputing Application (NCSA) merilis peramban (browser) bernama Mosaic.

Peramban ini bisa dikatakan sebagai nenek moyang Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan berbagai peramban lain yang kita kenal di masa kini. Setelah perilisan peramban Mosaic, CERN membuatnya menjad software gratis dan sebuah proyek open source. Dari situ Mosaic langsung menjadi populer dan dipakai banyak orang.

Pendekatan awal Tim terhadap web lebih sebagai platform untuk kolaborasi akademik antara ahli fisika di universitas dan institusi di seluruh dunia, dan bukan sebagai sebuah revolusi. Namun, tidak ada yang menyangkal bahwa peristiwa 1991 itu menggulirkan perubahan mendasar dalam komunikasi.

Tujuan pertama Ia meluncurkan WWW adalah sebagai tempat pertukaran informasi antar ilmuan di universitas atau organisasi lain yang kini berkembang pesat menjadi platform bagi jutaan orang.

Sedangkan situs di CERN tersebut memiliki tujuan untuk memberi penjelasan secara detail mengenai bagaimana mengakses dokumen pengguna lain dan bagaimana cara membangun server sendiri.