Terbaru

Jumat, 15 Mei 2020

Menjual Surat Syarat Untuk Mudik, Banyak Beredar di Platofrm Jual-Beli Online

Bulan ramadhan tahun 2020, di masa pandemi covid-19 ini masih saja banyak warga pelanggar aturan yang tetap mudik walau sudah ada ketetapan dari pemerintah untuk tidak boleh mudik.

Tangkapan layar menjual surat keterangan dinas sumber : jpnn.com

Meski begitu para oknum nakal memanfaatkan momen itu untuk membantu si pemudik dengan cara menjual surat keterangan dari rumah sakit yang menyatakan bebas COVID-19 dan surat perjalanan dinas, agar tidak ditahan oleh polisi yang sedang berjaga.

Penjualan nakal itu marak beredar di media sosial dan sudah ada di platform jual-beli online yaitu bukalapak dan tokopedia.


Menanggapi itu, Head of Corporate Communications Bukalapak, Intan Wibisono, menyatakan mereka sudah menurunkan produk dagang berupa surat perintah perjalanan dinas (SPPD).

Bukalapak melarang pedagang untuk menjual produk yang melanggar aturan hukum, baik hukum yang berlaku di Indonesia maupun kebijakan Bukalapak.

"Karena produk ini melanggar syarat dan ketentuan berjualan di Bukalapak, maka kami take down," kata Intan, Kamis (14/5/2020).

"Jadi kalau ditemukan produk seperti ini, pasti akan segera kami take down," tambahnya.

Platform Tokopedia membenarkan ada penjual nakal yang menjual surat keterangan sehat bebas COVID-19.

"Saat ini, kami telah menindak produk dan/atau toko yang dimaksud sesuai prosedur," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Wijaya, dalam keterangan resmi.

Tokopedia menegaskan tidak ada transaksi surat keterangan bebas COVID-19 tersebut dan melarang penjual lainnya untuk memasukkan produk seperti ini di platform.

Sumber : jpnn.com